Senin, 21 November 2011

Menjadi tamu Allah SWT ( Ibadah Haji )

===== Haji, Umrah

Di Indonesia, menjadi tamu allah (menunaikan ibadah haji) tidaklah hanya harus menyiapkan ongkos naik haji (ONH) dan pembekalan lainnya yang harus dicukupi, tapi juga harus antri, menunggu lama setelah niat dan secara resmi terdaftar. Karena ternyata dari tehun ke tahun kaum muslimin yang ingin menunaikan ibadah haji semakin banyak jumlahnya. Bakhan menurut informasi dari Bapak Menteri Agama, saat ini tidak kurang dari jutaan calon jamaah haji yang kurang sudah tercatat antri mendaftar. Ini menunjukan bahwa kesempatan haji memang mahal.

Karena ibadah haji itu mahal, maka para calon jamaah haji harus benar-benar menjalani ibadah haji dengan penuh kesungguhan, hati-hati dalam memenuhi semua syarat dan rukun haji, jangan sampai ada yang terlewatkan, sehingga menjadi sesempurna mungkin. Jika memungkinkan, ibadah haji disempurnakan dengan sunnah-sunnahnya, agar haji yang dijalankannya mencapai haji mabrur, artinya diterima oleh Allah SWT.

Ibadah haji yang mabrur adalah ibadah yang mampu mengubah perilaku seseorang menjadi lebih baik. Karena itu dalam prosesi ibadah haji terdapat banyak nilai-nilai kemanusiaan yang mungkin tidak banyak diperoleh dari ibadah selain haji. Melalui ibadah haji, kita seolah-olah dipertunjukkan oleh Allah sebuah peristiwa kehidupan Nabi Ibrahim as dan keluarganya.

Nabi Ibrahim as memiliki pengalaman yang sangat monumental tentang proses pencarian Tuhan itu diabadikan dalam beberapa ayat Al-quran. Melalui kisah itu, ibadah ini memberikan pelajaran kepada kita yang hidup setelahnya, bahwa keimanan ibrahim tersebut keesaan Allah, bukanlah diperoleh melalui secara sederhana, melainkan melalui proses yang panjang sehingga keimanan Ibrahim sangat kokoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar