Senin, 14 Februari 2011

Pemberkasan Haji di Bojonegoro Capai 80%

Pemberkasan Haji di Bojonegoro Capai 80%

Tahapan musim haji untuk tahun 2011 mulai berjalan. Hingga pertengahan Februari nanti, Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bojonegoro mentargetkan tuntas proses pemberkasan untuk seribu lebih calon haji dari Bojonegoro yang terdata akan berangkat tahun ini.

SYAIFUL HADI Staf Pelaksana Haji Kemenag Bojonegoro mengatakan, pemberkasan sudah dimulai sejak akhir Januari lalu tepatnya tanggal 31. Dijadualkan selesai pada 18 Februari mendatang.

Untuk tahap ini, CJH diminta mengumpulkan sejumlah syarat keberangkatan. "Seperti fotokopi Biaya Perjalanan Ibadah Haji, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Kartu Tanda Penduduk dan paspor asli bagi yang sudah memiliki,” terangnya Senin (14/02).

Hingga Senin (14/02), Kemenag Bojonegoro mencatat sudah ada 80% berkas CJH yang masuk dari 1.171 peserta yang tercatat. SYAIFUL optimis proses pemberkasan dapat tuntas tepat waktu.

Namun mengenai jumlah CJH, SYAIFUL mengaku tak bisa memastikan jumlah itu akan bertahan di angka tersebut. Hingga masa pemberangkatan, bisa saja bertambah namun bisa juga berkurang.

“Itu tergantung apakah ada sisa dari kuota CJH Jatim yang mencapai 33.810 CJH, yang bisa direbut Kemenag Bojonegoro, atau apakah ada kuota tambahan dari Organisasi Konferensi Islamic (OKI) yang berpusat di Arab Saudi,”ungkap SYAIFUL.

Namun hingga hari ini, Kemenag Jatim mencatat sedikitnya 4 CJH yang masuk dalam daftar 1.171 mengundur keberangkatan hingga tahun mendatang dengan beberapa alasan. Menurut SYAIFUL, pemberkasan ini diperlukan sebagai tahap awal penyelenggaraan haji. Kemudian baru memasuki tahapan lain seperti pembuatan paspor dan sebagainya. (fan/tin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar